Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA PENENTUAN BIDANG KEAHLIAN MAHASISWA (STUDI KASUS : TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU)

Duis Tanti, - (2021) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA PENENTUAN BIDANG KEAHLIAN MAHASISWA (STUDI KASUS : TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau.

[img]
Preview
Text
File hasil penelitian kecuali (BAB IV dan BAB V).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian (BAB IV dan BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teknik Informatika adalah salah satu program studi yang ada di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang berdiri pada tahun 1999 yang berada dibawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi. Penentuan bidang keahlian program studi Teknik Informatika dapat merujuk pada Association for Computing Machinery (ACM) Computing Curricula yang terdiri dari 5 kelompok bidang keahlian yaitu Computer Science, Software Engineering, Computer System Engineering, Information Technology dan Information Systems. Penelitian menggunakan metode K-Means Clustering untuk membantu dalam penentuan bidang keahlian mahasiswa sesuai dengan kemampuan akademik dan minat. K-Means merupakan algoritma paling populer yang digunakan karena memiliki kelebihan yaitu algoritmanya yang sederhana dan mudah diimplementasikan. Penentuan bidang keahlian yang tepat dapat mengarahkan mahasiswa dalam penentuan topik penelitian tugas akhir. Pada penelitian ini menggunakan data mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau angkatan 2016 dan 2017. Tujuan penelitian ini menerapkan metode K-Means Clustering dalam kasus penentuan bidang keahlian berdasarkan nilai matakuliah yang terkait dengan bidang keahlian dari semester 1 sampai 5. Pengujian yang dilakukan setelah tahap implementasi dengan pengujian Whitebox dan pengujian input K-Means Clustering. Hasil penelitian ini yaitu 2 cluster bidang keahlian dengan cluster 1 yaitu Ilmu Komputer 86 (43%,) mahasiswa dan cluster 2 Teknologi Informasi 114 (57%) . Pengujian silhoutte coefficient mendapatkan hasil 0,52 yakni struktur sedang atau good cluster pada data cluster yang terbentuk. Kata Kunci : Bidang Keahlian, Clustering, K-Means, Mahasiswa, Matakuliah, Silhoutte Coefficient

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:00
Last Modified: 15 Feb 2021 06:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42575

Actions (login required)

View Item View Item