Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Bangun Datar di Kelas IV MIS Khairu Ummah Pekanbaru.

Evi Ratnasari, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Bangun Datar di Kelas IV MIS Khairu Ummah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GBUNG.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Evi Ratnasari, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Bangun Datar di Kelas IV MIS Khairu Ummah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir logis siswa pada bangun datar melalui penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khairu Ummah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis siswa tepatnya pada pembelajaran matematika kelas IV MIS Khairu Ummah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, kemampuan berpikir logis pada materi bangun datar yang terlihat dari rata-rata kemampuan berpikir logis yaitu 55,56 pada pra siklus atau berada pada kategori cukup logis meningkat menjadi 69,84 pada siklus I dengan kategori Logis, selanjutnya pada Siklus II diperoleh rata-rata kemampuan berpikir logis sebesar 81,48 dengan kategori sangat logis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa pada bangun datar di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khairu Ummah Pekanbaru. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Logis, Model Pembelajaran Picture and Picture

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:56
Last Modified: 15 Feb 2021 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42224

Actions (login required)

View Item View Item