Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA TEMA GLOBALISASI KELAS VI SDN 021 TAGARAJA KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INHIL

Ely Ermawati, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA TEMA GLOBALISASI KELAS VI SDN 021 TAGARAJA KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INHIL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I, II, III, DAN V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik dalam kegiatan menyimak saat ini cukup memprihatinkan. Keterampilan menyimak menjadi hal yang tidak diperhitungkan dan tidak dianggap penting dibandingkan dengan keterampulan lainnya. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menyimak adalah strategi Guided Note Taking yang kelebihannya sesuai dengan gejala para siswa yang tidak memiliki keterampilan menyimak. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 021 Tagaraja Kateman, INHIL. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran Guided Note Taking pada kemampuan menyimak siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Guided Note Taking dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa di SD 021 Tagaraja Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari Pra Siklus, Siklus 1, dan Siklus 2 yang mengalami peningkatan. Pada pra siklus mendapatkan nilai 20,83 dengan kriteria rendah, meningkat pada siklus 1 dengan nilai 29,1% dengan kriteria rendah, meningkat kembali pada siklus 2 dengan nilai akhir 79,16% dengan kriteria Baik. Adapun dari Hasil Obervasi menyatakan bahwa interaksi guru dan siswa, serta manajemen waktu pelaksanaan pembelajaran memiliki peran penting pada kesuksesan pelaksanaan strategi pembelajran Guided Note taking. Kata Kunci: Pembelajaran Guide Note Taking, Kemampuan Menyimak Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 15:16
Last Modified: 15 Feb 2021 15:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42191

Actions (login required)

View Item View Item