MODEL INTERAKSI GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Nurmaiyas, (2014) MODEL INTERAKSI GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung, interaksi yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun, pada studi pendahuluan, penulis mendapati beberapa gejala yang menunjukkan tentang interaksi yang kurang baik, hal ini tampak dari gejala-gejala sebagai berikut: (1) Masih ada guru yang menyajikan pelajaran secara utuh dari awal sampai akhir tanpa ada ide atau pendapat dari siswa (2) Masih ada guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya (3) masih ada guru menjelaskan pelajaran tanpa menggunakan media sebagai alat komunikasi (4) masih ada guru menyuruh siswa untuk mencatat materi yang ada didalam buku sampai habis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Tapung. Objek penelitian ini adalah model interaksi guru terhadap siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase, dengan rumus: P = P = tingkat persentase jawaban F = Frekuensi N = Total Berdasarkan analisis data yang diperoleh, bahwa Model Interaksi Guru terhadap Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Tapung adalah model interaksi Multi Arah dan tergolong baik dengan persentase 69,45% sesuai dengan kategori persentase yang telah ditetapkan bahwa 66-79% tergolong baik. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan sumbangan yang baik bagi sekolah sebagai masukan untuk perbaikan kearah yang lebih baik lagi kedepannya. Sedangan bagi peneliti sendiri, bisa lebih mengembangkan wawasan dalam bidang pendidikan yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 16:44
Last Modified: 03 May 2016 16:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4217

Actions (login required)

View Item View Item