PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PEKANBARU

Nurhidayah Siregar, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan gejala yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran. gejala tersebut dapat dilihat dari sebagian guru kurang menguasai strategi sehingga penerapan strategi cenderung pasif dan juga sewaktu guru membentuk kelompok tidak semua siswa ikut serta berdiskusi dengan temannya. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalah tersebut kedalam sebuah penelitian yang berjudul: “Pengaruh Penerapan Strategi Learning Tournament Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Prestasi siswa yang signifikan pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul hikmah pekanbaru. Untuk memudahkan penulis dalam Penelitian ini maka penulis membuat rumusan masalah yakni apakah ada Pengaruh yang signifikan antara Penerapan Strategi Learning Tournament Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 63 siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi Learning Tournament terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesnatren Darul Hikmah pekanbaru. Tekhnik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Tes dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan prestasi siswa yang signifikan melalui penerapan strategi Learning Tournament jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi Learning Tournament. Selanjutnya tes dianalis dengan menggunakan tes’t’. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis percobaan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi Learning Tournament dapat meningkatkan perbedaan prestasi siswa yang lebih baik pada pokok bahasan shadaqah, hibah, hadiah dan Haji jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi Learning Tournament.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 16:28
Last Modified: 03 May 2016 16:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item