Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU

RAHMI FADILLA, - (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmi Fadilla, (2021): Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pembelajaran berbasis praktikum dengan penggunaan pembelajaran berbasis konvensional terhadap keterampilan berwirausaha siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 orang siswa dengan teknik penentuan sampel dengan Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan dokumentasi. Sementara analisis data menggunakan model regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pembelajaran berbasis pratikum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berwirausaha siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru dengan nilai thitung (20,536) > ttabel (1,976) dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 masih berada dibawah 0,05, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Nilai R Square sebesar 0,748 menjelaskan pembelajaran berbasis pratikum dapat mempengaruhi maka peningkatan keterampilan berwirausaha siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru sebesar 74,8% sementara sisanya 25,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Pratikum dan Keterampilan Berwirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:46
Last Modified: 18 Feb 2021 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41995

Actions (login required)

View Item View Item