Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

ANTON BASKARA, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANTON BASKARA (2020): PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh penerapan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 1 kampar timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang ada di sekolah menegah atas negeri kampar timur, sedangkan objeknya analisis kompetensi pedagogik guru ekonomi di sekolah menengah atas negeri 1 kampar timur. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan informan tambahan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observsi, tes, dan dokumentsi, Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas pada eksperimen yang menggunakan media pembelajaran audiovisual memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada kelas eksperimen sebesar 80,935, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78,125. Berdasarkan analisis uji-t dari skor hasil belajar siswa (posttest) pada mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,0171 > 1,670 yang berarti ha diterima dan ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar siswa (postest) pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 1 kampar timur Kata Kunci : Pengaruh, Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:36
Last Modified: 15 Feb 2021 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41991

Actions (login required)

View Item View Item