Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI USAHA SEPATU KULIT “CISENO” DI KELURAHAN BUKIT SURUNGAN KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT KOTA PADANG PANJANG

Shelfi Purnama Dewi, - (2021) UPAYA PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI USAHA SEPATU KULIT “CISENO” DI KELURAHAN BUKIT SURUNGAN KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT KOTA PADANG PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)

Abstract

Shelfi Purnama Dewi, (2021) :UPAYA PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI USAHA SEPATU KULIT “CISENO” DI KELURAHAN BUKIT SURUNGAN KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT KOTA PADANG PANJANG Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan yang berlangsung di Usaha Sepatu Kulit “Ciseno” yang merupakan sebagai wadah dalam memberdayakan UMKM dan mengembangkan potensi masyarakat dalam membuat sepatu kulit. Masyarakat diberikan penyadaran dengan adanya usaha sepatu kulit “Ciseno” bahwa produk sepatu kulit ini juga dikenal oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat luar dengan produk sepatu kulit “Hand Made” dan memakai (kulit tersamak chrom). Usaha sepatu kulit “Ciseno” juga membuka pelatihan bagi masyarakat untuk peningkatan kapasitas produknya dan kuantitas karyawan dan masyarakat, agar nantinya masyarakat bisa lebih berdaya. Dengan adanya hal ini usaha sepatu kulit “Ciseno” dapat memberdayakan diri sendiri dan masyarakat lainnya seperti halnya yaitu sudah berdirinya 8 UMKM hasil binaan dari usaha sepatu kulit “Ciseno” itu sendiri. Setelah terbentuknya 8 UMKM ini dengan berbagai macam profesi yang berbeda-beda, masyarakat secara bertahap untuk mencapai suatu tujuan yaitu kemandirian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari informan kunci berjumlah 1 orang yakni pemilik usaha sepatu kulit “Ciseno”. Adapun informan pendukung berjumlah 13 orang yakni 5 orang karyawan sepatu kulit, dan 8 orang pemilik UMKM. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya pemberdayaan UMKM melalui usaha sepatu kulit “Ciseno” ini telah memberikan penyadaran dan daya melalui pelatihan untuk masyarakat yang belum mampu menggali potensinya atas kepandaian yang terdapat didalam dirinya untuk pembuatan sepatu kulit. Dengan adanya pelatihan dan pengetahuan dalam bidang ini, masyarakat bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kata Kunci : Pemberdayaan UMKM, Usaha sepatu kulit “Ciseno”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Feb 2021 05:06
Last Modified: 30 Dec 2022 08:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41972

Actions (login required)

View Item View Item