ASTARI WAHYUNI, - (2021) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA MAN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA MAN 3 PEKANBARU Oleh Astari Wahyuni Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi siswa sehingga dapat menumbuhkan rasa sejahtera. Tetapi tidak semua siswa merasakan kesejahteraan di sekolah. Oleh karena itu, siswa perlu mengembangkan karakter adversity quotient dalam dirinya. Adversity quotient adalah kemampuan seseorang dalam mengamati kesulitan dan mengolah kesulitan tersebut dengan kecerdasan yang dimiliki sehingga menjadi sebuah tantangan untuk untuk menciptakan sebuah peluang kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan school well-being pada siswa MAN 3 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling dengan subjek berjumlah 163 orang siswa MAN 3 Pekanbaru. Pengumpulan data dengan menggunakan skala school well-being dan skala adversity quotient. Selanjutnya untuk melihat hubungan kedua variabel dilakukan uji korelasi product moment dengan bantuan Statistical Program and Service Solutions (SPSS) 16.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara adversity quotient dengan school well-being dengan nilai r = 0,607 dan nilai sig = 0,000 (p<0,00), artinya hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif antara adversity quotient dengan school well-being pada siswa MAN 3 Pekanbaru. Sumbangan efektif adversity quotient terhadap school well-being adalah sebesar 40%. Kata kunci : adversity quotient, school well-being
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 04:46 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 04:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41795 |
Actions (login required)
View Item |