Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS-ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 INDRAGIRI HULU

Dilla Milya Sari, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS-ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DILLA MILYA SARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dilla Milya Sari,(2020) : Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends- Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Madrasah Itidaiyah Negeri 2 Indragiri Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran means-ends-analysis kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Indragiri Hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami soal pemecahan masaah, merencakan penyelesaian soal pemecahan masalah, menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah, dan melakukan pengecekan kembali hasil dari soal pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah satu orang guru dan 36 orang siswa di kelas IV C Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Indragiri Hulu, dan objeknya adalah model pembelajaran means-ends-analysis dan kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran means-endsanalysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Indragiri Hulu. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar mereka, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa hanya mencapai angka 55,83 atau berada pada kategori kurang karena berada pada rentang >70. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 65,76, masih berada pada kategori kurang karena berada pada rentang <70. Begitu pula ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-ratanya kembali meningkat hingga mencapai angka 80,03 dan sudah berada pada kategori baik karena berada pada rentang 60-80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means-ends-analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV C Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Indragiri Hulu. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Means- Ends-Analysis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:18
Last Modified: 18 Feb 2021 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41202

Actions (login required)

View Item View Item