Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBAIKAN SISTEM MANEJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA, RCA, TOPSIS PADA STASIUN PROSES (STUDI KASUS: PT. XYZ)

JUNAIDI, - (2021) PERBAIKAN SISTEM MANEJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA, RCA, TOPSIS PADA STASIUN PROSES (STUDI KASUS: PT. XYZ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PERBAIKAN SISTEM MANEJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) MENGGUNAKAN METODE FMEA,RCA,TOPSIS PADA STASIUN PROSES (Studi Kasus: PT.XYZ) JUNAIDI 11652101364 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Kemajuan sektor industri kelapa sawit memiiki potensi bahaya bagi keselamatan dan kesehatan kerja, khususnya yang terjadi di PT. XYZ terdapat kecelakaan kerja yag mengakibatkan hilangnya hari kerja bagi pekerja dan kerugian bagi perusahaan. Apabila potensi bahaya dapat diidentifikasi dan dikendalikan, maka kecelakaan kerja akan mengalami penurunan dan tidak terjadi dimasa yang akan datang, Oleh karena itu dilakukan pengidentifikasian resiko dengan menggunakan metode Failure Mode and Failure Effect (FMEA). Berdasarkan observasi ditemukan 55 potensi resiko kecelakaan kerja dan kemudian dirangking sesuai Risk priority number (RPN), nilai tertinggi merupakan resiko yang menjadi prioritas perbaikan, berdasarkan diagram pareto 20/80 maka terdapat 5 resiko kerja potensial dilakukan perbaikan, kemudian mencari akar penyebab kecelakaan kerja dengan metode Root Cause Analysis (RCA), dan langkah terakhir memberikan usulan perbaikan berdasarkan penilaian solusi ideal alternatif dari ketua P2K3 dan sekretaris P2K3 perusahaan metode Technique For Order Performance by Similary to Ideal Solution (TOPSIS). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi bahaya dan resiko yang berpotensi terjadinya kecelakaan kerja dan memberikan usulan perbaikan sistem manejemen keselamatan dan kesehatan kerja agar tidak terjadi kecelakaan kerja dimasa yang akan datang. Hasil dari penelitian ini berupa usulan perbaikan menerapkan pemeriksaan secara teratur terhadap pekerja serta memfasilitasi pekerja dengan Alat pelindung diri yang sesuai standard K3. Kata Kunci : FMEA, RCA, TOPSIS, Kelapa Sawit, RPN, Keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:58
Last Modified: 15 Feb 2021 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41092

Actions (login required)

View Item View Item