RAUDATUL JANNAH, - (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Raudatul Jannah(2020): Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IIS pada mata pelajaran ekonomi. Sedangkan objek penelitian adalah pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Populasi pada Penelitian ini seluruh siswa kelas XI Jurusan IIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru yang berjumlah 133 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa XI Jurusan IIS di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling dan diambil secara acak disetiap kelasnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada pengaruh yang erat antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa pada proses pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa. Hal ini dilihat dari r hitung > rtabel (0,195<0,712>0,256). Adapun persentase pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa adalah sebesar 50,7% sedangkan sisanya sebesar 49,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa Motivasi belajar memiliki persentase hasil angket sebesar 65,58% yang dikategorikan baik karena berada pada interval 61% - 80% dan tingkat prokrastinasi akademik siswa memiliki persentase hasil angket sebesar 65,20% yang dikategorikan “baik” karena berada pada interval 61% - 80%, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 03:06 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 03:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40722 |
Actions (login required)
View Item |