PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-HUDA PEKANBARU

Sata Riani, (2014) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah warga sekolah di SMA Al-Huda Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Al-Huda Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Al-Huda Pekanbaru yang berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data yang didapatkan dalam penelitian ini bersifat ordinal kemudian akan dirubah menjadi data interval. Mengolah data penulis menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS for windows versi 19. Hasil penelitian berdaasrkan analisis dapat disimpulkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikategorikan “baik” dengan hasil persentase 74.8%. Sedangkan hasil analisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Al-Huda Pek0.anbaru, diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa : rh (hitung) = 0.619 bila dibandingkan dengan dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 5% (0.619 > 0,250) ini berarti Ha diterima dan Ha ditolak. rh (hitung) = 0.619 bila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 1% (0.619 > 0,325) ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Ips SMA Al-Huda Pekanbaru adalah sebesar 0.619 x 100% = 61.9% selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 09:14
Last Modified: 03 May 2016 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4000

Actions (login required)

View Item View Item