Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Arpina Aprilla, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARPINA APRILLA.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arpina Aprilla, (2020) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bangkinang tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli atau pakar dalam bidang matematika yang berasal dari dosen dan guru. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran MEA. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 89,40% dan soal penilaian hasil belajar juga dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 90,42%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 89,80%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama akibat wabah covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi SPLDV di kelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Means-Ends Analysis (MEA), Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Feb 2021 13:29
Last Modified: 08 Feb 2021 13:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39459

Actions (login required)

View Item View Item