Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN TEPUNG DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas L) YANG DIFERMENTASI DENGAN EM-4 DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM KAMPUNG SUPER

ANDI WIBOWO, - (2021) PENGGUNAAN TEPUNG DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas L) YANG DIFERMENTASI DENGAN EM-4 DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM KAMPUNG SUPER. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASILDAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Daun ubi jalar fermentasi mengandung 22,51% protein, 12,1% lemak kasar, 2.500(Kkal/kg) energy metabolisme dan 19,29% serat kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa ayam kampung super yang diberi pakan berbahan tepung daun ubi jalar fermentasi dalam formulasi ransum. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah level penggunaan daun ubi jalar fermentasi dalam ransum yang terdiri dari 4 level yaitu 0, 5, 10 dan 15%. Parameter yang diuji adalah konsumsi ransum, pertumbuhan bobot badan dan konversi ransum. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis sidik ragam dan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan tepung daun ubi jalar fermentasi dalam ransum memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) meningkatkan konsumsi ransum, pertambahan bobot badan tidak nyata (P>0,05) terhadap konversi ransum ayam kampung super. Dapat disimpulkan bahwa penambahan daun ubi jalar fermentasi sampai 15% memberi pengaruh positif terhadap performa ayam kampung super. Kata kunci: Ayam kampung super, fermentasi, performan, tepung ubi jalar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 05 Feb 2021 14:29
Last Modified: 05 Feb 2021 14:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39071

Actions (login required)

View Item View Item