Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUKMAH PEKANBARU

Qurrota A’yun, - (2021) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Qurrota A’yun (2020): Analisis Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru jarang menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru kurang membantu siswa untuk menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Ekonomi kelas X dan objek penelitian ini adalah analisis strategi pembelajaran berbasis masalah. Informan kunci dalam penelitian ini adalah satu orang guru Ekonomi sedangkan informan tambahan adalah kepala sekolah dan lima orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru tergolong baik, di mana penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah sudah sesuai dengan indikator yaitu guru sudah mengorientasikas siswa pada masalah, guru sudah mengorganisasikan siswa untuk belajar, guru sudah membimbing pengalaman individu dan kelompok, guru sudah mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan guru sudah menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata Kunci : Analisis, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:27
Last Modified: 04 Feb 2021 05:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/39017

Actions (login required)

View Item View Item