Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN NUTRISI WAFER RANSUM KOMPLIT SAPI BERBAHAN LIMBAH TANAMAN UBI KAYU MENGGUNAKAN KEMASAN PLASTIK PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

Yayuk Listiyani, - (2020) KANDUNGAN NUTRISI WAFER RANSUM KOMPLIT SAPI BERBAHAN LIMBAH TANAMAN UBI KAYU MENGGUNAKAN KEMASAN PLASTIK PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu bahan pakan yang berpotensi sebagai pakan ternak adalah limbah ubi kayu. Limbah ubi kayu dapat diolah menjadi pakan berbentuk wafer. Wafer merupakan suatu bentuk pakan yang memiliki bentuk fisik kompak dan ringkas yang menggunakan teknologi yang relatif sederhana sehingga mudah diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas nutrisi wafer berbahan limbah tanaman ubi kayu dengan lama penyimpanan yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan yaitu, lama penyimpanan 0, 15, 30, 45, 60 hari. Parameter yang diukur adalah bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, kadar abu dan BETN. Hasil penelitian menunjukkan lama penyimpanan memiliki pengaruh sangat nyata ( P<0,01) terhadap bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, kadar abu dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN). Kesimpulan dari penelitian ini, lama penyimpanan sampai 60 hari masih dapat mempertahankan kandungan protein kasar, kadar abu, BETN dan menurunkan kandungan bahan kering, serat kasar, dan lemak kasar wafer ransum komplit berbahan limbah ubi kayu dengan kemasan plastik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 05 Feb 2021 10:22
Last Modified: 05 Feb 2021 10:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38576

Actions (login required)

View Item View Item