Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SUNGAI LUAR KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Zelda Safitri, - (2020) PENERAPAN STRATEGI INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SUNGAI LUAR KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZELDA SAFITRI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zelda Safitri, (2019): Penerapan Strategi Inkuiri sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dikelas IVB Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Luar melalui penerapan strategi Inkuiri sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan hasil belajar minimum yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas IVB. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Inkuiri sosial dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan strategi Inkuiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 33,33% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 60% dengan kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 80% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Inkuiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Kata Kunci : Hasil Belajar, Srategi Inkuiri sosial .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:14
Last Modified: 02 Feb 2021 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38107

Actions (login required)

View Item View Item