Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Batubulat.

Nazhifah, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Batubulat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nazhifah, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Batubulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada tema selalu berhemat energi dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Batubulat. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Batubulat yang berjumlah 16 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sebelum tindakan kemampuan pemecahan masalah siswa secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata mencapai 53 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siklus I siswa yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah diperoleh rata-rata mencapai 70,625 atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II, kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan rata-rata 87,01 dengan kategori sangat baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada tema selalu berhemat energi dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 33 Batubulat. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 01:54
Last Modified: 02 Feb 2021 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38071

Actions (login required)

View Item View Item