Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Muhammadiyah 010 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Refni Desrita, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Muhammadiyah 010 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Refni Desrita, (2020): Penerapan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Muhammadiyah 010 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan strategi pembelajaran group to group exchange dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema sehat itu penting di kelas V SD Muhammadiyah 010 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada tema sehat itu penting. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran group to group exchange untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keaktifan belajar siswa hanya mencapai 48% atau tergolong “Kurang Baik”. Pada siklus I meningkat menjadi 63% atau tergolong “Cukup Baik”. Pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 83% atau tergolong “Baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran group to group exchange dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema sehat itu penting di kelas V SD Muhammadiyah 010 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:16
Last Modified: 01 Feb 2021 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38070

Actions (login required)

View Item View Item