Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Socrates Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pembelajaran IPA di Kelas IV MI Khoiru Ummah Pekanbaru

Asti Rahayu,, - (2021) Penerapan Metode Socrates Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pembelajaran IPA di Kelas IV MI Khoiru Ummah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asti Rahayu, (2020): Penerapan Metode Socrates Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pembelajaran IPA di Kelas IV MI Khoiru Ummah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Socrates di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 12 orang siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Khoiru Ummah. Objeknya adalah metode pembelajaran Socrates dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Socrates dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar mereka, dimana sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa hanya mencapai angka 53,33 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 60, walaupun masih berada pada kategori kurang. Begitu pula ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-ratanya kembali meningkat hingga mencapai angka 77,05 dan sudah berada pada kriteria cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Socrates dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV MI Khoiru Ummah Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Socrates, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:24
Last Modified: 01 Feb 2021 05:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38067

Actions (login required)

View Item View Item