Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontruksi Realitas Pemberitaan Kasus Sukmawati Soekarnoputri Bandingkan Nabi Muhammad vs Ir. Soekarno pada Media CCN Indonesia.com dan Kompas.com (Analisis Framing, Edisi: November)

Hafifah Mulyani, - (2020) Kontruksi Realitas Pemberitaan Kasus Sukmawati Soekarnoputri Bandingkan Nabi Muhammad vs Ir. Soekarno pada Media CCN Indonesia.com dan Kompas.com (Analisis Framing, Edisi: November). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNG KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hafifah Mulyani Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Kontruksi Realitas Pemberitaan Kasus Sukmawati Soekarnoputri Bandingkan Nabi Muhammad vs Ir. Soekarno pada Media CCN Indonesia.com dan Kompas.com (Analisis Framing, Edisi: November) Penelitian ini membahas pemberitaan Pidato Kontroversi yang di lakukan oleh Sukmawati Soekarnoputri. Pada pidato tersebut sukmawati membikin pernyataan “Sekarang saya mau Tanya nih semua. Yang berjuang pada abad 20 nabi yang mulia Muhammad apa insinyur Soekarno untuk kemerdekaan?. Dalam kasus ini, kepolisian menerima laporan bernomor LP/7393/XI/2019/PMJ/Dit Reskrimum, pada 15 November 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi realitas yang dibentuk oleh media online yang menghasilkan sebuah Framing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Luckman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. kosicki yakni, Sintaksis, Skrip, Tematik, Retoris, dengan membandingkan dua media Kompas.com dan CNNIndonesia.com. Hasil dari penelitian ini ialah kedua media melakukan seleksi isu yang berbeda. Franing yang dilakukan kompas.com adalah menekankan kata “Putri Proklamator” dalam berita-berita yang di naiki nya. Sedangkan framing pada CNNIndonesia.com menampilkan pemberitaan sesuai dengan kasus yang ada yakni sukmawati membandingkan Tokoh Proklamator dengan seorang nabi yang. Kata Kunci: Kontruksi Realitas Sosial, Sukmawati Soekarno Putri, Penodaan Agama, Framing Media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Feb 2021 10:33
Last Modified: 05 Feb 2021 10:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37890

Actions (login required)

View Item View Item