Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN KUALITAS KERAMBA APUNG YANG ERGONOMIS BERDASARKAN VOICE OF CUSTOMER

Muhammad Rohimi (2014) PENGEMBANGAN KUALITAS KERAMBA APUNG YANG ERGONOMIS BERDASARKAN VOICE OF CUSTOMER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya keramba yang ada di kecamatan kampar berbentuk seperti perahu dengan besar dan panjang yang bervariasi. Adapun permasalahan yang di alami para petani yaitu ikan sering mati akibat melompat, arus air yang tidak lancar, kayu cepat lapuk, susah melakukan aktivitas di keramba yang di ketahui dari voice of customer. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan rancangan keramba apung yang berkualitas dari segi ukuran, bentuk dan pemilihan bahan. Data yang di gunakan yaitu hasil hasil observasi di tempat penelitian,data antropometri dan hasil wawancara. Dalam penelitian ini pemilihan bahan menggunakan metode desain eksperimen yaitu Taguchi, untuk bahan yang di uji yaitu kayu giam, kulim, keruing dan bambu. Dari hasil penelitian ini di ketahui bahwa kayu giam paling cocok untuk rangka keramba, sedangkan kulim cocok untuk dinding dan lantai keramba. Agar keramba ini ergonomis maka ada beberapa ukuran keramba di sesuaikan dengan data antropometri para petani atau pembudidaya ikan jelawat. Keunggulan dari rancangan ini yaitu resiko kematian ikan berkurang, bahan yang di gunakan teruji kehandalannya, arus air lancar, memberikan rasa aman dan nyaman kepada petani keramba. Kata kunci : Antropometri, Desain Eksperimen, voice of customer(VOC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 26 Apr 2016 13:25
Last Modified: 26 Apr 2016 13:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item