Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN

Gayatri Deslia Santi, - (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GAYATRI DESLIA SANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gayatri Deslia Santi, 2020: Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Berpikir Kreatif siswa pada tema udara bersih bagi kesehatan melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping kelas V Sekolah Dasar muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini d ilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, di antara gejalanya siswa kurang mampu dalam memberikan ide yang relevan dalam pemecahan masalah , kurangnya kemampuan siswa dalam memiliki jawaban yang beragam hasilnya benar dan siswa belum mampu menjawab jawaban terperinci dan hasilnya benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 25 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Mind Mapping dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik Observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kreatif siswa rata-rata mencapai 57,6 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan metode pembelajaran Mind Mapping pada siklus I, nilai kemampuan berpikir kreatif siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata 70,2 namun masih dengan kategori kurang. Pada siklus II nilai kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan rata-rata 79,6 dengan kategori cukup . Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V Sekolah Dasar muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2021 00:22
Last Modified: 26 Jan 2021 00:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36103

Actions (login required)

View Item View Item