Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU RUMAH SAKIT IBNU SINA PEKANBARU

Murtadha Habibi (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU RUMAH SAKIT IBNU SINA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga saat ini, banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak demi kesehatan. Hal ini membuat semakin banyaknya rumah sakit yang menjamur di Indonesia Khususnya di Pekanbaru, Riau. Dengan banyaknya rumah sakit ini maka akan terjadi persaingan diantara rumah sakit yang ada di Pekanbaru untuk menarik simpati pasiennya agar memilih rumah sakit mereka. Selain itu maraknya masyarakat Riau yang yang berobat keluar negeri seperti ke Malaysia dan Singapura menambah pekerjaan berat rumah Sakit yang ada di Pekanbaru khususnya Rumah Sakit Ibnu Sina untuk mempromosikan Rumah Sakit Ibnu sina agar meningkatnya jumlah pelanggan. Apalagi seperti kita lihat hasil dari medical record Rumah Sakit Ibnu Sina menunjukkan terjadinya penurunan jumlah pasien pada tahun 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu rumah sakit Ibnu Sina Pekanbaru dalam mempromosikan rumah sakit Ibnu Sina. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deksriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi sebagai bahan perlengkapan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru.. Yang menjadi subjek penelitian adalah divisi corporate relations dan Humas dan costumer care, dan objek penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rumah sakit Ibnu Sina Pekanbaru sudah menjalankan strategi komunikasi pemasaran terpadu sebagaimana mestinya. Mulai dari kegiatan menciptakan produk (Product), harga (Price), distribusi (Place) hingga promosi (Promotion) yang teridi dari berbagai kegiatan seperti iklan (advertising), pemasaran langsung (Direct Marketing), penjualan promosi (Sales Promotion), penjualan personal (Personal Selling), pemasaran interaktif (Interactive Marketing) hingga kegiatan hubungan masyarakat (humas). Mereka menggunakan berbagai macam media dalam melakukan komunikasi pemasaran terpadu tersebut, ada yang melalui media cetak, media penyiaran, media internet maupun media telekomunikasi. Semua ini dilakukan untuk upaya dalam mepromosikan rumah sakit Ibnu Sina. Walaupun masih ada kegiatan-kegiatan yang seharusnya bisa di optimalkan tapi kenyataannya tidak berfungsi dengan baik. Hanya saja hingga saat ini belum ada alat yang dapat mengukur sejauh mana strategi tersebut memberikan efek yang besar bagi peningkatan jumlah pelanggan di rumah sakit Ibnu Sina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:05
Last Modified: 20 Apr 2016 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item