Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Teknik Merujuk Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar.

Lesmida Epriana, - (2021) Penerapan Teknik Merujuk Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lesmida Epriana, (2020) : Penerapan Teknik Merujuk Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kamapa Kabupaten Kampar dengan penerapan Teknik Merujuk Gambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, sebagian siswa tidak berani mengajukan pertanyaan kepada guru, sebagian siswa tidak mencatat pelajaran yang diberikan dan sebahagian siswa juga tidak berani mengeluarkan pendapat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 32 siswa Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Merujuk Gambar dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis desktiptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan Teknik Merujuk Gambar meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hanya mencapai 56,38%, atau aktivitas belajar siswa tergolong “Rendah”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas siswa meningkat pada siklus I pada persentase 72,45% atau aktivitas belajar siswa tergolong “cukup tinggi”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I dari 72,45% menjadi 85,48% atau aktivitas belajar siswa tergolong “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa penerapan teknik merujuk gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Kata kunci: Teknik merujuk gambar, Aktivitas belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jan 2021 17:12
Last Modified: 21 Jan 2021 17:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34230

Actions (login required)

View Item View Item