Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Bathin (Studi Majelis Dzikir Al – Hidayah) Kecamatan Rambah Rokan Hulu

Muhammad Ridha, - (2020) Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Bathin (Studi Majelis Dzikir Al – Hidayah) Kecamatan Rambah Rokan Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ridha, (2020) : Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Bathin (Studi Majelis Dzikir Al – Hidayah) Kecamatan Rambah Rokan Hulu Penelitian ini dilatarbelakangi karena krisis kebathinan yang terjadi dimasyarakat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Krisis Kebatinan yang dimaksud adalah kurangnya rasa kebahagiaan dalam hati seseorang dengan merasa iri, dengki, gelisah, stress, dan sebagainya. Sehingga dibentuklah suatu wadah untuk mengatasi dan mengobati krisis kebatinan yang terjadi dimasyarakat yaitu Majelis Dzikir al-Hidayah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat bantu program IBM SPSS 21.0. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 118 orang, sedangkan sampelnya adalah 17 orang. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,702 (70,2%) dengan kategori korelasi kuat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai t hitung sebesar 3,819 dengan signifikan o,002. Diperoleh nilai t tabel dengan df = n-k-l=17-1-1=15 pada taraf signifikan 5% (2-tailed) sebesar 2,131. Dengan demikian diketahui t hitung (3,819) > t tabel (2,131) atau signifikan (0,002) < 5% (0,05). Dapat diartikan bahwa dzikir di Majelis Dzikir al-Hidayah berpengaruh terhadap ketenangan bathin masyarakat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Dari pengamatan penulis dilapangan dan hasil analisa data adalah benar artinya terdapat manfaat dan efek positif yang kuat dari berdzikir di Majelis Dzikir Al – Hidayah terhadap ketenangan bathin masyarakat. Kata Kunci : Dzikir, Ketenangan bathin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 18 Jan 2021 09:07
Last Modified: 18 Jan 2021 09:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/33437

Actions (login required)

View Item View Item