Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM KOTA PEKANBARU

Rescy Febriany, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RESCY FEBRIANY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rescy Febriany, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema Pahlawanku kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dekriptif kualitatif dengan presentasi, yaitu dimulai dari penghimpunan data, menyusun atau mengatur data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang sesudah gejala, peristia atau keadaan. Berdasarkan hasil penelitian ini melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, diketahui bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Babussalam Pekanbaru dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan, skor keterampilan berbicara siswa adalah 69,20. Setelah dilakukan tindakan skor keterampilan berbiacara siswa meningkat pada siklus I menjadi 77,65. Setelah dilakukan evaluasi dari hasil refleksi pada siklus I, skor keterampilan berbicara siswa meningkat pada siklus II menjadi 85,00. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa keterampilan berbicara siswa pada muatan Bahasa Indonesia kelas IV SD Babussalam Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipeJigsaw, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:09
Last Modified: 18 Jan 2021 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31958

Actions (login required)

View Item View Item