Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IBNU QOYYIM PEKANBARU

Salma, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IBNU QOYYIM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALMA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salma (2020): Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Qoyyim Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Qoyyim Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran time token. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran time token dan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes kemampuan berbicara siswa dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 30% atau masih tergolong tidak baik. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan berbicara siswa meningkat menjadi 57% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 77,5% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajara time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema indahnya kebersamaan, khususnya pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Berbicara Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:50
Last Modified: 18 Jan 2021 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31893

Actions (login required)

View Item View Item