Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN DAN TOTAL PADATANTERLARUT ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENGGUNAAN PATI UMBI TALAS (Xanthosoma sagittifolium)SEBAGAI PENSUBSTITUSI SUSUSKIM

Muhammad Arif Fahmi Islami, - (2020) KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN DAN TOTAL PADATANTERLARUT ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENGGUNAAN PATI UMBI TALAS (Xanthosoma sagittifolium)SEBAGAI PENSUBSTITUSI SUSUSKIM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
Skripsi Es Krim Susu Kambing Muhammad Arif Fahmi Islami. 2000.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN DAN TOTAL PADATANTERLARUT ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENGGUNAAN PATI UMBI TALAS (Xanthosoma sagittifolium)SEBAGAI PENSUBSTITUSI SUSUSKIM Muhammad Arif Fahmi Islami (11581102162) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Elfawati INTISARI Umbi talas memiliki kandungan pati yang tinggi yaitu sekitar 70-80%. Pati umbi talas dapat membentuk gel karena kandungan pati didalamnya berikatan dengan air pada suhu 55-60°C sehingga bisa dijadikan sebagai pensubstitusi susu skim dalam pembuatan es krim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level terbaik substitusi pati umbi talas (Xanthosoma sagittifolium) pada es krimsusu kambing dilihat dari kadar lemak, kadar protein dan total padatan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK)dengan 4 perlakuan dan 3 kelompok. Perlakuan yang diberikan adalahsubstitusi pati umbi talas terhadap susu skim yang terdiri dari 0% (P1), 1.25% (P2), 2.50% (P3), dan 3,75% (P4) dan sebagai kelompok adalah waktu pembuatan es krim. Data dianalisis secara statistik dengan analisis ragam.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa substitusi pati umbi talas sampai taraf 3,75%tidak berbeda nyata terhadap kadar lemak, kadar proteindan total padatanes krim susu kambing. Dapat disimpulkan bahwa substitusi pati umbi talas terhadap susu skim hingga taraf 3,75% dalam formulasi es krim susu kambing mampu mempertahankan kadar lemak, kadar protein dan total padatan terlarutdan ketiga parameter ini memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional es krim. Kata kunci: es krim, susu kambing, pati umbi talas, kadar lemak, kadar protein, dan total padatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:42
Last Modified: 15 Jan 2021 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31651

Actions (login required)

View Item View Item