Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Kemampuan Membaca Buku Teks Ekonomi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru

Nurul Hanisah Rasyd, - (2020) Hubungan Kemampuan Membaca Buku Teks Ekonomi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hanisah Rasyd (2020): Hubungan Kemampuan Membaca Buku Teks Ekonomi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca buku teks ekonomi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih ada hasil belajar ekonomi siswa yang belum mencapai ketuntasan kriteria minimum (KKM) yaitu 75, masih ada siswa yang mengikuti remedial ekonomi setelah diadakan ulangan harian yang diberikan guru, masih ada siswa yang hanya mengandalkan hasil pekerjaan temannya ketika diberikan tugas oleh guru ekonomi dan masih ada siswa yang tidak bisa dan kurang tepat menjawab soal yang diberikan oleh guru ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Objek pada penelitian ini adalah hubungan kemampuan membaca buku teks ekonomi dengan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pekanbaru yang berjumlah 133 siswa. Sampel penelitian ini adalah 100 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel diambil secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase dan menggunakan uji kolerasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca buku teks ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru tergolong baik yaitu dengan persentase 73,2 %, sedangkan hasil belajar siswa dikategorikan baik mencapai rata-rata sebesar 78,02. Berdasarkan analisis data bahwa menunjukkan bahwa rh = 0,760 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikasi 5% mauapun 1% (0,195 < 0,760 > 0,259) dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca buku teks ekonomi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Kata Kunci: Hubungan, Kemampuan Membaca Buku Teks, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jan 2021 08:40
Last Modified: 07 Jan 2021 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31460

Actions (login required)

View Item View Item