Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Zahrotul Jannah, - (2020) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
SKRIPSI ZAHROTUL JANNAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Zahrotul Jannah, (2020): Pengaruh Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman siswa yang belajar dengan pengaruh yang signifikan dari metode survey question read recite review (SQ3R) dengan yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks yang dibaca. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen Design dan desain yang digunakan adalah nonequivalet control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV Sekolah Dasar Negei 001 Sawah, sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IVA sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumetasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditarik kesimpulan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,5625 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 66,8750. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel taraf signifikan 5 (1,686) dan 1 (2,429) atau 1,686< 5,509 > 2,429, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman siswa yang yang belajar dengan pengaruh yang signifikan dari metode survey question read recite review (SQ3R) dengan yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensial Kata Kunci: Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R), Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2021 13:45
Last Modified: 05 Jan 2021 13:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31436

Actions (login required)

View Item View Item