Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HOREY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 022 MUARA MAHAT BARU

Fanny Novriani, - (2020) PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HOREY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 022 MUARA MAHAT BARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
SKRIPSI FANI NOVRIANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Fanny Novriani, (2020) : Penerapan Metode Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Dikelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada tema indahnya kebersamaan melalui penerapan metode pembelajaran Course Review Horay kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, diantaranya siswa kurang mampu dalam menjawab pertanyaan dengan benar, siswa kurang mampu mencari alternatif jawaban lain dan siswa belum bisa mengambil kesimpulan atas jawaban yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 15 orang siswa kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Course Review Horay dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik Observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah siswa rata-rata mencapai 43,33 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan metode pembelajaran Course Review Horay pada siklus I, nilai kemampuan pemecahan masalah siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata 65 dengan kategori cukup baik. Pada siklus II nilai kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan rata-rata 77,66, dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru. Kata Kunci : Metode Course Review Horay, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Dec 2020 08:48
Last Modified: 30 Dec 2020 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31399

Actions (login required)

View Item View Item