Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN BANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Alfi Maghfiroh,, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN BANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ALFI MAGHFIROH.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Alfi Maghfiroh, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dengan Bantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada muatan ilmu pengetahuan sosial Di Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar melalui model pembelajaran team games tournament dengan bantuan media flash card untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat belajar siswa pada muatan ilmu pengetahuan sosial dikarenakan masih banyak siswa yang tidak memiliki daya tarik terhadap materi pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran team games tournament dengan bantuan media flash card dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus ada dua kali pertemuan. Teknik pengumulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran team games tournament dengan bantuan media flash card dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat diketahaui dari minat belajar siswa sebelum dilakukan tindakan hanya 53,40% yang berada pada rentang 41-60% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I minat siswa meningkat menjadi 68,17% yang berada pada rentang 61-80% dengan kategori baik. Kemudian dilanjutkan pada siklus II minat siswa meningkat lagi dengan rata-rata 81,13% yang berada pada rentang 81-100% dengan kategori minat sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran team games tournament dengan bantuan media flash card dapat meningkatkan minat belajar siswa pada muatan ilmu pengetahuan sosial di kelas VB SDN 007 Pulau Lawas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), media flash card, dan Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:06
Last Modified: 29 Dec 2020 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31366

Actions (login required)

View Item View Item