Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK PELLET BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) LAYER YANG DITAMBAH AMPAS KELAPA FERMENTASI DAN DISIMPAN DENGAN JENIS PALLET YANG BERBEDA

Tony Robbyansyah, - (2020) KUALITAS FISIK PELLET BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) LAYER YANG DITAMBAH AMPAS KELAPA FERMENTASI DAN DISIMPAN DENGAN JENIS PALLET YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV ).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)

Abstract

Tony Robbyansyah (2020) :KUALITAS FISIK PELLET BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) LAYER YANG DITAMBAH AMPAS KELAPA FERMENTASI DAN DISIMPAN DENGAN JENIS PALLET YANG BERBEDA Pakan merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dalam industri peternakan, kualiatas pakan dipengaruhi oleh faktor pengolahan dan penyimpanan. Teknik penyimpanan pakan pellet ampas kelapa fermentasi dilakukan dengan menggunakan alas berupa pallet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik pellet burung puyuh (Coturnix coturnix japonica) layer dengan penambahan ampas kelapa fermentasi yang disimpan dengan pallet kayu, pallet plastik dan pallet baja ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Rancangan Acak Langkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Peubah yang diamati adalah kualitas fisik pellet meliputi (kadar air, berat jenis, kerapatan tumpukan, kerapatan pemadatan tumpukan, sudut tumpukan dan ketahanan benturan). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau. Hasil penelitian menunjukkan penyimpanan dengan jenis pallet memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar air (9.04-8.25%), sudut tumpukan (26.86-21.34o) dan ketahanan benturan (108.8-103.0%), tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap berat jenis (1.10-1.17 g/cm3), kerapatan tumpukan (0.34-0.40 g/cm3), dan kerapatan pemadatan tumpukan (0.54-0.40 g/cm3). Dapat disimpulkan bahwa penilaian fisik perlakuan penyimpanan pellet pada pallet baja ringan memberikan hasil terbaik karena dapat mempertahankan kadar air. Kata kunci: ampas kelapa fermentasi, kualitas fisik, pakan, pallet, pellet, penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Dec 2020 08:12
Last Modified: 23 Dec 2020 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31200

Actions (login required)

View Item View Item