Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Cyber Public Relations Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pekanbaru Menggunakan Aplikasi Edabu 4.2 dalam Membangun Stakeholder Relations

Puspa Febriani, - (2020) Cyber Public Relations Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pekanbaru Menggunakan Aplikasi Edabu 4.2 dalam Membangun Stakeholder Relations. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V Pembahasan)
BAB V Pembahasan dan Isi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi tanpa Pembahasan Bab V.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian berawal dari proses pendataan kepesertaan badan usaha yang jumlahnya banyak dan bersifat kolektif serta permasalahan yang muncul jika menggunakan pendataan secara manual. Badan usaha merupakan stakeholder eksternal yang harus dirangkul dalam proses penggunaan jaminan sosial. Penerapan aplikasi Edabu 4.2 merupakan bentuk cyber public relations. Tujuan penelitian ini untuk melihat cyber public relations BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru menggunakan aplikasi Edabu 4.2 dalam membangun stakeholder relations. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis triangulasi sumber serta teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah cyber public relations BPJS Kesehatan menggunakan Aplikasi Edabu 4.2 dalam membangun stakeholder relations menggunakan empat tahap yaitu komunikasi menggunakan media aplikasi dan media tambahan serta komunikator, penyebaran informasi yang ditujukan kepada pengguna aplikasi dan badan usaha, pelayanan, dan membina hubungan kepada stakeholder. Aplikasi Edabu 4.2 memiliki lima menu utama yaitu Home, Peserta, Laporan, Referensi, dan Program Relaksasi Tunggakan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa aplikasi Edabu 4.2 dapat membangun stakehoder relations kepada badan usaha karena aplikasi ini mempermudah proses pelaporan data badan usaha dan mutasi lainnya. Kata Kunci : Cyber Public Relations, BPJS Kesehatan, Aplikasi Edabu 4.2, Stakeholder Relations.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:39
Last Modified: 10 Dec 2020 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31143

Actions (login required)

View Item View Item