Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Hernawati, - (2020) PENGARUH HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

ABSTRAK Hernawati, (2020): Pengaruh Hukuman terhadap Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara hukuman terhadap kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekabaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan (mixed methods). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 80 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh hukuman terhadap kedisiplinan. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 393 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling atau disebut juga teknik acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan antara hukuman terhadap kedisipllinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yakni sebesar 0,407 dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari r >r pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,227 <0,407> 0,296). Besar persentase pengaruh hukuman terhadap kedisiplinan siswa sebesar 18,6% sedangkan sisanya sebesar 81,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Guru BK tidak memberikan hukuman kepada siswa, tetapi Guru BK hendaknya meningkatkan intensitas layanan bimbingan dan konseling kepada siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah, agar siswa tersebut lebih memahami pentingnya kedisiplinan dengan tidak melanggar tata tertib sekolah. Sehingga kedisiplinan siswa baik dalam belajar maupun mengikuti peraturan sekolah berjalan denga baik. Kata Kunci: Pengaruh, Hukuman, Kedisiplinan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:10
Last Modified: 10 Dec 2020 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31140

Actions (login required)

View Item View Item