Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERBAIKAN FASILITAS KERJA PADA PRODUKSI KAYU MESIN MOULDING UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN KERJA DI CV. PRIMA WIRA AGUNG METODE : WHY BECAUSE ANALYSIS (Studi Kasus: CV. PRIMA WIRA AGUNG )

ANDRI HARDIANSYAH, - (2020) USULAN PERBAIKAN FASILITAS KERJA PADA PRODUKSI KAYU MESIN MOULDING UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN KERJA DI CV. PRIMA WIRA AGUNG METODE : WHY BECAUSE ANALYSIS (Studi Kasus: CV. PRIMA WIRA AGUNG ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sulltan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB I,II,III,LAMPIRAN)
BAB I,II, III, VI, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV ,V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANDRI HARDIANSYAH 11352105470 Tanggal Sidang : Juli 2020 Periode Wisuda : Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK CV Prima Wira Agung adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan kayu (Construction and industrial wood). Perusahaan ini memproduksi olahan kayu yang berbahan dasar dari kayu pohon karet beralamat di Jl. Pasir Putih, Km 8,5 Desa Baru. Hasil indentifikasi dan observasi awal pada proses produksi finger joint stick terindikasi beberapa masalah yang terkait dengan adanya kecelakan kerja di lantai produksi pada mesin moulding. Terdapat 3 jenis kecelakaan terjadi pada lantai produksi antara lain terkena benda – benda, tertimpa benda jatuh, terpotong dan terjepit. Frequecy Rate (FR) dan Saverity Rate (SR) yang terjadi pada tahun 2016 – 2018 mengalami peningkatan kecelakaan kerja yang berulang – ulang setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meklasifikasi kasus kecelakaan kerja, memberikan solusi berupa SOP dan memberikan pengetahuan dan kesadaran berbentuk. Dari hasil pengolahan data didapatkan hasil penyebab kecelakaan kerja diantaranya dari faktor manusia, tidak tersedia alat pelindung diri, kurang pelatihan tentang keselamatan kerja dan kurangnya pengawasan. Oleh sebab itu diberikan tindakan perbaikan Membuat dan menjalankan standar prosedur kerja yang aman dan benar, Mewajibkan karyawan menggunakan APD, Memberikan pengawasan dan peraturan tentang keselamatan kerja, Mengecek ketersediaanya APD di perusahaan, Membuat Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja, yang akan mengurangi angka kecelakaan yang terjadi Kata Kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Why Because Analysis (WBA), SOP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 10 Dec 2020 09:00
Last Modified: 10 Dec 2020 09:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31125

Actions (login required)

View Item View Item