Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN STRESS AKADEMIK PADA SISWA MAN 2 PEKANBARU YANG MENGHAFAL A-QURAN”

Meli, - (2020) “HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN STRESS AKADEMIK PADA SISWA MAN 2 PEKANBARU YANG MENGHAFAL A-QURAN”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Stres Akademik Pada Siswa MAN 2 Pekanbaru Yang Menghafal Al-quran Meli Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melibintinasir30@gmail.com ABSTRAK Menyelesaikan berbagai aktivitas akademik merupakan tuntutan dan tanggung jawab siswa. Ketika tuntutan dan tanggung jawab pada siswa tidak mampu dikelola dengan baik, maka siswa akan berpeluang mengalami stres akademik. Oleh karena itu, siswa membutuhkan self regulated learning. Self Regulated Learning adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol dan mempengaruhi proses belajarnya sendiri secara positif dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisis, motivasi dan perilaku aktif untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan negatif antara self regulated learning dengan stres akademik pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan alat pengumpulan data berupa skala stres akademik dan skala self regulated learning. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 294 siswa MAN 2 Pekanbaru yang menghafal Al-Quran dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik aksidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Korelasi Spearman Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien (rs) sebesar -0,191 dengan taraf signifikansi P=0,001(P>0,05). Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan negatif antara self regulated learning dengan stres akademik pada siswa MAN 2 Pekanbaru yang menghafal Al-quran. Kata Kunci : self regulated learning, stres akademik, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Nov 2020 05:54
Last Modified: 26 Nov 2020 05:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item