Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Ditinjau dari Keterampilan Menjelaskan Materi pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru

Nurul Hudaini, - (2020) Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Ditinjau dari Keterampilan Menjelaskan Materi pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hudaini, (2020): Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Ditinjau dari Keterampilan Menjelaskan Materi pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan mengenai bagaimana persepsi siswa tentang Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) ditinjau dari keterampilan menjelaskan materi pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hasanah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi yang dimasuki oleh mahasiswa PPL yang berjumlah 6 kelas dan objek penelitian adalah persepsis siswa terhadap keterampilan mahasiswa PPL dalam menjelaskan materi pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hasanah. Kemudian penarikan sampel dalam penelitian ini digunakan dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang mana teknik ini diambil apabila populasi mempunyai anggota unsur yang tidak homogen, sehingga penulis menggunakan sampel sebesar 50% dengan jumlah sebanyak 77 orang. Berdasarkan hasil analisis data angket yang diperoleh menunjukkan bahwa: Pertama, data Persepsi siswa tentang mahasiswa Program Pengalaman Lapangan ditinjau dari keterampilan menjelaskan materi pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru dikategorikan “Sangat Baik” dengan angka persentase yang diperoleh adalah 82,19%. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan materi fiqih oleh mahasiswa PPL antara lain adalah faktor perhatian, nilai dan kebutuhan, serta pengalaman dahulu. Kata kunci : Persepsi Siswa, Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan, Keterampilan Menjelaskan Materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:34
Last Modified: 23 Oct 2020 01:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30798

Actions (login required)

View Item View Item