Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemahaman Materi dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi lebih Mudah terhadap Akivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Teknologi Pekanbaru

Rahmat Ramadhan H, - (2020) Pengaruh Pemahaman Materi dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi lebih Mudah terhadap Akivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Teknologi Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
13. BAB IV.pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text
GABUNGNA KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmat Ramadhan H, (2020): Pengaruh Pemahaman Materi dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi lebih Mudah terhadap Akivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Teknologi Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya gejala yang menunjukkan bahwa pemahaman materi dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah telah baik, sedangkan akivitas belajar siswa masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah terhadap aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP di Sekolah Menengah Pertama Teknologi Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa yang beragama Islam kelas VII dan VIII, sedangkan objek penelitian adalah pemahaman materi dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah dan aktivitas belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa beragama Islam kelas VII dan VII berjumlah 124 orang. Sampel penelitian diambil 25% atau 31 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratifed random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS ver.17 for windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa ada pengaruh pemahaman materi dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah terhadap aktivitas belajar siswa PAI di SMP Teknologi Pekanbaru. Diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,501 lebih besar dari r_(tabel ) pada taraf signifikan 5% (0.355) maupun 1% (0,456). Nilai signifikan 0.004 < 0.05 maka H_aditerima dan H_o ditolak. Besar pemahaman materi dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah terhadap aktivitas belajar siswa PAI di SMP Teknologi Pekanbaru adalah sebesar 25.1 % dan sisanya 74.9 % aktifitas belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain yaitu faktor inernal, misalnya kondisi fisik, kecerdasan, ingatan, bakat, motivasi, konsentrasi. Faktor eksternal, misalnya linkungan fisik (fasilitas sekolah) dan sosial(lingkungan sekolah dan masyarakat) serta pendekatan belajar (peran guru). Namun dalam penelitan ini penulis tidak mebahas faktor-faktor yang lainnya. Kata Kunci: Pemahaman Materi dengan Ilmu Semuan Menjadi lebih Mudah, Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:21
Last Modified: 25 Sep 2020 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item