Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSTRUKSI PEMBERITAAN TINDAKAN REFRESIF POLISI DALAM AKSI REFORMASI DIKORUPSI(Analisis Framing Pada CNNIndonesia.com Edisi September – Oktober 2019)

Rahma Riza, - (2020) KONSTRUKSI PEMBERITAAN TINDAKAN REFRESIF POLISI DALAM AKSI REFORMASI DIKORUPSI(Analisis Framing Pada CNNIndonesia.com Edisi September – Oktober 2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI RAHMA RIZA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Rahma Riza Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : KONSTRUKSI PEMBERITAAN TINDAKAN REFRESIF POLISI DALAM AKSI REFORMASI DIKORUPSI (Analisis Framing Pada CNNIndonesia.com Edisi September – Oktober 2019) Sejak 14 September 2019 Media menyoroti tindakan polisi yang dinilai represif dalam menghadapi massa yang berdemonstrasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pusat, polisi disebut-sebut menyalahi aturan prosedur operasi standar dalam pengendalian massa dalam aksi bertajuk reformasi dikorupsi oleh Mahasiswa seluruh Indonesia. Media online sebagai agen komunikator, seharusnya mampu memberikan informasi yang benar dan berimbang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana konstruksi CNNIndonesia.com terhadap tindakan represif polisi dalam aksi reformasi dikorupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi CNNIndonesia.com terhadap tindakan represif polisi dalam aksi reformasi dikorupsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori analisis framing dari Robert N. Entmant. Kerangka berita yang dianalisis adalah (a) Pendefisisan Masalah (Define Problem), (b) Memperkirakan Sumber Masalah (Diagnose Causes), (c) Membuat Keputusan Moral (Make Moral Judgment), (d) Penyelesaian Masalah (Treatment Recommendation). Hasil penelitian dari 11 pemberitaan mengenai tindakan represif polisi dalam aksi reformasi dikorupsi menunjukkan bahwa CNNIndonesia.com menggunakan proses seleksi isu yang dilakukan ketika menyusun sebuah berita, yang cenderung lebih memuat framing mengenai sikap dari masing-masing narasumber. Peneliti menemukan bahwa CNNIndonesia.com dalam membingkai berita tindakan represif polisi dalam aksi reformasi dikorupsi tidak memihak dan cenderung objektif, media online CNNIndonesia.com bersifat netral dalam mengangkat sebuah isu. Kata kunci: Framing, Pemberitaan tindakan represif polisi dalam aksi reformasi dikorupsi, CNNIndonesia.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:35
Last Modified: 17 Sep 2020 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30425

Actions (login required)

View Item View Item