Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU

Pelita Widia Sari, - (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pelita Widia Sari (2019) : Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe think talk write (TTW) terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa belum maksimal dan Model cooperative learning tipe think talk write (TTW) belum pernah digunakan pada proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 sampai XI Ilmu Pengetahuan Sosial 4 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Objek penenelitian ini adalah pengaruh model cooperative learning tipe think talk write (TTW) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 sampai XI Ilmu Pengetahuan Sosial 4 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu yang berjumlah 140 orang. Sampel yang diambil dengan memilih 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode proyek dan kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 2 yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, pengambilan sampel tersebut dilakukan dengan teknik guided discovery learning dengan pertimbangan informasi dari guru bahwa tidak memiliki perbedaan kemampuan yang signifikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dimana nilai T-Test Independent sebesar 1,995 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Kata Kunci: Pengaruh, Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW), Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:21
Last Modified: 15 Sep 2020 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30349

Actions (login required)

View Item View Item