Husnatul Mardiah, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Husnatul Mardiah, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Structured Dyadic Methods terhadap aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang belum memahami materi yang disampaikan guru, kurang aktif dalam pembelajaran ekonomi, tidak mencatat materi penting yang disampaikan guru, kurang mendengarkan dan memperhatikan ketika guru menjelaskan materi ekonomi, kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau bertanya,dan mendapatkan nilai dibawah standar ketuntasan minimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS di SMAN 13 Pekanbaru sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods pada Mata Pelajaran Ekonomi terhadap aktivitas belajar siswa di SMAN13 Pekanbaru. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan rata-rata persentase pencapaian aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,9%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,8%. Berdasarkan analisis Uji T dari nilai aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel taraf signifikan 5% (2,000) dan 1% (2,660) atau 2,000 < 3,696 > 2,660 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Dyadic Methods dengan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas X IIS di SMAN 13 pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Structured Dyadic Methods, dan Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 07:45 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 07:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30309 |
Actions (login required)
View Item |