Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia Linn) DALAM AIR MINUM TERHADAP PLASMA METABOLIT BURUNG PUYUH

Fendri Ahmad, - (2020) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia Linn) DALAM AIR MINUM TERHADAP PLASMA METABOLIT BURUNG PUYUH. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (kecuali bab IV).pdf

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Dewasa ini beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun mengkudu (Morinda citrifolia Linn) dalam air minum pada level yang berbeda terhadap plasma metabolit. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan November- sampai Januari 2020 di Laboratorium UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan laboratorium Teknologi Produksi Ternak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksprimen dengan Rancangan Acak Lengkap menggunakan 80 ekor burung puyuh betina fase grower dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan, masing-masing perlakuan terdiri dari 4 ekor burung puyuh betina, yang dipelihara selama 30 hari. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian ekstrak daun mengkudu level 0, 2, 4, dan 6% dalam air minum. Parameter yang diukur adalah total glukosa, total kolesterol, dan trigliserida pada plasma darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun mengkudu sampai 6% berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap total kolesterol darah dibandingkan dengan perlakuan 2% dan 4%. Namun demikian, perlakuan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap glukosa dan trigliserida. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian ekstrak daun mengkudu sampai 6% dalam air minum dapat diberikan karena dapat menurunkan kolesterol darah puyuh. Kata kunci: Puyuh; Ekstrak Daun Mengkudu; Plasma Metabolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:38
Last Modified: 14 Sep 2020 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item