Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SOFT SKILL GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

Wirman Nuari, - (2020) ANALISIS SOFT SKILL GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wirman Nuari, (2020): Analisis Soft Skill Guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana soft skill guru pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam menjalin hubungan, berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru pendidikan ekonomi dan enam orang siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objek penelitiannya adalah analisis soft skill guru pada mata pelajaran pendidikan ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kusioner. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas dan memberchek. Hasil penelitian berdasarkan observasi dapat dikatakan bahwa soft skill atau keterampilan dua orang guru pendidikan ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur membuahkan hasil yang bagus. Adapun soft skill atau keterampilan yang dilakukan seperti: guru mampu untuk mempraktikkan keterampilan menyimak dan merespon secara aktif, serta menghargai pendapat orang lain, guru mampu untuk meyakinkan pendapat dengan percaya diri kepada orang lain, guru mampu mengidentifikasi masalah dalam situasi yang sulit dan membuat evaluasi yang tepat, guru mampu meningkatkan keterampilan berfikir seperti penjelasan, analisis, dan diskusi evaluasi, guru mampu menemukan gagasan dan mencari solusi alternative, guru mampu membangun sebuah kedekatan hubungan interaksi yang baik, dan bekerjasama dengan efektif, guru mampu untuk menghormati sikap, perilaku, dan pendirian orang lain. Kata Kunci: Analisis, Soft Skill, Guru Pendidikan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:21
Last Modified: 11 Sep 2020 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30297

Actions (login required)

View Item View Item