Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Kemampuan Siswa Mengenali Gaya Belajar dengan Pencapaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru

Rita Arlina, - (2020) Hubungan Kemampuan Siswa Mengenali Gaya Belajar dengan Pencapaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)

Abstract

ABSTRAK Rita Arlina, (2020): Hubungan Kemampuan Siswa Mengenali Gaya Belajar dengan Pencapaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa mengenali gaya belajar dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Data gaya belajar diperoleh dari skor angket, hasil belajar diperoleh dari dokumentasi nilai ujian semester ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian adalah kemampuan siswa mengenali gaya belajar dan pencapaian hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 117 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditorial lebih tinggi kategorinya daripada kecenderungan gaya belajar visual dan kinestetik. Hal ini dibuktikan dengan rekapitulasi hasil angket kemampuan siswa mengenali gaya belajar auditorial adalah sebesar 77%, yang diikuti oleh gaya belajar kinestetik sebesar 75%, dan selanjutnya gaya belajar visual sebesar 74%. Hasil perhitungan korelasi antara gaya belajar dan pencapaian hasil belajar siswa kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru menunjukan adanya hubungan yang signifikan, baik gaya belajar visual, auditorial maupun kinestetik.diketahui berdasarkan hasil penyajian dan analisis data dengan menggunakan teknik korelasi serial diperoleh angka koofesien untuk gaya belajar sebesar 0,93 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% (0,195) maupun pada taraf 1% (0,254) atau 0,195 < 0,93 > 0,254. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa mengenali gaya belajar dengan pencapaian hasil belajar siswa kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Kata kunci : Kemampuan Siswa Mengenali Gaya Belajar, Gaya Belajar Siswa, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:53
Last Modified: 07 Sep 2020 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30164

Actions (login required)

View Item View Item