Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemahaman Siswa tentang Materi Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi terhadap Sikap Solidaritas Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru

Muhammad Fadly Alhadi, - (2020) Pengaruh Pemahaman Siswa tentang Materi Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi terhadap Sikap Solidaritas Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Fadly Alhadi, (2020): Pengaruh Pemahaman Siswa tentang Materi Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi terhadap Sikap Solidaritas Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi bersatu dalam keragaman dan demokrasi terhadap sikap solidaritas siswa selama di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pemahaman materi bersatu dalam keragaman dan demokrasi terhadap sikap solidaritas siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunanakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi serial. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui tes dan angket. Tes untuk mendapatkan data tentang pemahaman materi bersatu dalam keragaman dan demokrasi. Sedangkan angket untuk mendapatkan data tentang sikap solidaritas siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh rch sebesar 0,525 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% sebesar 0,232 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,302 atau 0,232<0,525>0,302. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Yang mana korelasinya berada pada taraf sedang atau cukup. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi bersatu dalam keragaman dan demokrasi terhadap sikap solidaritas siswa selama di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Kata Kunci: Pemahaman Materi Bersatu Dalam Keragaman Dan Demokrasi, Sikap Solidaritas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:10
Last Modified: 08 Sep 2020 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item