Rafika, - (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI PAJAK DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA SUNGAI LUAR KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
ABSTRAK Rafika (2020) : Pengaruh Penerapan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pajak di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi materi pajak di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar, sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi materi pajak di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir . Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang belajar ekonomi materi pajak di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 47 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode drill di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir tergolong baik yaitu dengan persentase 79,74%, sedangkan hasil belajar siswa dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 83,60. Berdasarkan analisa data bahwa penerapan metode drill memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi materi pajak di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir yang terbukti dari nilai r hitung > r tabel (0,288 < 0,687 > 0,372) dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05 (0.000<0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dilihat dari persentase sumbangan pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi materi pajak di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir sebesar 47,2%. Sedangkan sisanya sebesar 52,8% (100%-47,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Drill, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 02:44 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 02:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30085 |
Actions (login required)
View Item |