M. Azizi Rz, - (2020) Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Terbalik dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
Abstract
ABSTRAK M. Azizi Rz (2020): Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Terbalik dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif atau kurang efektif proses pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan pembelajaran terbalik dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMAN 10 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam di SMAN 10 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah efektivitas pelaksanaan pembelajaran terbalik dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 10 Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru pendidikan agama islam yang mengajar dikelas XI. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasilnya untuk mendapatkan data apakah efektif atau Kurang efektif tentang pelaksanaan pembelajaran terbalik dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Berdasarkan analisis data diperoleh efektivitas pelaksanaan pembelajaran terbalik dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 10 Pekanbaru dikategorikan Efektif dengan hasil observasi guru 75,73% berada pada rentang angka 60% sampai dengan 80% yang menunjukkan hasil Baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan pembelajaran terbalik dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 10 Pekanbaru meliputi faktor pendukung, sarana dan prasarana yang memadai dan reward kepada siswa yang kreatif dan faktor penghambat, langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan belum maksimal. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Tebalik, Kreativitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 02:19 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 02:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30063 |
Actions (login required)
View Item |